BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menungkapkan kiranya ratusan properti dalam kabupaten wonosobo serta kabupaten demak di provinsi jawa sedang rusak setelah diterjang angin puting beliung.

puting beliung yang lalu disertai hujan deras menerjang wilayah selama kabupaten wonosobo serta kabupaten demak, provinsi jawa sedang selama selasa (9/4). catatan akan tetapi menyebutkan ratusan rumah mengalami kerusakan, kata kepala pusat data info serta humas bnpb sutopo purwo nugroho selama jakarta, selasa.

dia menunjukan, di kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan dan desa banyumudal dan terletak di kecamatan sapuran dalam selasa, jam 13.30 wib.

data tetapi melaporkan kurang lebih 300 properti di keadaan rusak tengah hingga rusak berat, katanya.

sejauh ini, papar dia, upaya penanganan baru terkendala dengan listrik dan padam dan kondisi dalam lapangan yang terletak pada daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menjelaskan kiranya Salah satu desa terisolir akibat jalan menuju objek wisata desa tersebut lumayan berat.

selain itu, berdasarkan dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) selama kabupaten wonosobo serta menyulitkan koordinasi diantara pemerintah daerah setempat, tim sar, dan relawan dalam penanganan bencana.

namun, pendataan terhadap kerusakan juga kerugian sampai ketika ini masih terus dilakukan, papar sutopo.

sementara tersebut, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung yang terjadi dalam kabupaten demak menerjang desa pilangrejo dalam kecamatan wonosalam selama jam 15.20 wib.

sekitar 20 properti mengalami kerusakan. bpbd demak masih selalu mengerjakan pendataan kerusakan juga kerugian, ujarnya.

sutopo juga menungkapkan bencana lain yang terjadi di jawa tengah di selasa (9/4), yaitu selama kabupaten kendal dalam jam 13.00 wib.

bencana pada kendal tersebut tanah longsor selama pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik tersebut di desa campurjo, kecamatan boja, kendal hingga menimpa karyawan. resikonya dua pihak meninggal dunia juga enam orang luka-luka, katanya.

semua korban tersebut, papar sutopo, sudah dievakuasi ke properti sakit permata medika selama ngaliyan, semarang.