Duka Boston untuk mahasiswi China yang brilian ini

tiga mahasiswi universitas boston asal china serta saling bersahabat, mengalami nasib berbeda akibat bom maraton boston 2012. lu lingzi tewas, zhou danling luka parah, sementara satunya dulu selamat.

seluruh kampus berduka supaya kematian lu, mahasiswi brilian jurusan matematika yang baru september tahun 2012 berada dalam boston, untuk berkuliah dalam universitas bergengsi itu.

ketiga perempuan ini adalah tergolong ratusan orang dan terkena ledakan dua bom di garis finish lomba maraton boston. bom-bom ini menewaskan tiga pihak juga melukai 180 pihak.

kepala jurusan matematika universitas boston kathleen heavey menungkapkan seluruh sivitas akademika berduka untuk korban.

Informasi Lainnya:

hati juga pikiran kami bersama dengan keluarga dan kerabat korban, tutur robert brown, rektor universitas yang memiliki 31.000 mahasiswa dari 100 negara itu.

sebuah acara untuk menghormati para korban telah dipersiapkan, pun itulah suatu pemakaman massal digelar kamis ini.

lu juga zhu merupakan tergolong ratusan mahasiswa china di boston.

sebelum mengikuti maraton, lu memposting foto dia tengah menikmati sarapan khas china selama jejaring sosial china, weibo. sarapanku yang luar biasa, tulisnya dalam bahasa inggris seperti dikutip afp.

para mahasiswa dengan tidak putus asa mencari lu ketika dia dinyatakan hilang dari senin malam. zhu menjalani sejumlah operasi di properti sakit serta disebut selama kondisi stabil.

dia dikelilingi teman-temannya, juga dia akan segera didatangi keluarganya, kata pendeta universitas tersebut, reverend robert hill.

mahasiswi ketiga baru tetap anonim juga begitu berat untuk berbicara, papar kaum mahasiswa.

gao qin, mahasiswa jurusan hukum berusia 24 tahun asal shanghai, menungkapkan semua pihak mengkhawatirkan lu, berbagai orang berusaha membelianya sesudah dikabarkan hilang.

semua orang terkejut serta sedih apabila mereka mendapati gadis tersebut sudah meninggal, sambung gao semisal dikutip afp.

banyak dari teman-teman aku merupakan temannya juga, karena ini merupakan komunitas dan sangat kecil. mereka mengenang betapa lucu serta menyenangkannya dia. dia juga pekerja keras.

lu bersekolah di shenyang, lalu meraih sarjana ekonomi juga perdagangan internasional di institut teknologi beijing.

pada 2010, dia berkuliah di universitas california dalam riverside pada tiga bulan demi memperbesar peluangnya bisa berkuliah selama sini.

para profesor boston menyebutnya dijadikan mahasiswi yang cemerlang.

mahasiswa teologi meghan nelson meletakkan sepasang sepatu, bunga juga gantungan kunci universitas tersebut pada depan memorial martin luther king untuk menghormati mahasiswi dan tewas ini.

joy lin, mahasiwa berusia 23 tahun daripada beijing, meletakkan topi hijau dan tulisan berbunyi daripada boston dan beijing bersama cinta.

dia orang cina juga saya serta cina. topi ini khas boston. banyak imigran irlandia datang ke situ. boston merupakan rumahku. aku sangat mencintai boston, kata dia.

sejumlah mahasiswa universitas boston merupakan saksi dari pemboman tersebut dan pilihan diantaranya menjadi relawan pascapemboman.

derrick kwok tadinya menjadi relawan agar pelari yang kelelahan dan membutuhkan perawatan kesehatan dalam dekat garis finish. namun di situasi dan berubah dramatis dia beralih menawarkan tandu untuk para korban pemboman.

relawan yang lain, alex kwok, mengaku merasakan kedua ledakan itu. tadinya dia mengira banyak tenda roboh ataupun generator meledak. aku tak yakin tersebut bom semisal perkiraan awal orang selama umumnya, tutur dia seperti dikutip afp.