PVMBG cari solusi petani Kawah Timbang Banjarnegara

pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi berusaha membeli langkah awal pasling baik kepada petani di sekitar kawah timbang, desa sumberejo, kabupaten banjarnegara, jawa tengah.

kami sedang diskusikan bersama teman-teman. nanti kita carikan Jalan keluar yang menarik, kata kepala pvmbg surono saat dihubungi antara dari purwokerto, kamis sore.

surono menyatakan keuntungan itu tenntang kehadiran harapan warga desa sumberejo, kecamatan batur, banjarnegara, untuk status siaga kawah timbang mampu segera dievaluasi, sebab ketika ini tidak ada dulu gas berbahaya di udara.

ia menungkapkan sampai ketika ini aktivitas kegempaan pada kawah timbang masih tinggi. sampai ketika ini baru banyak gempa-gempa yang tinggi, katanya.

Informasi Lainnya:

masih tingginya aktivitas kegempaan itu, tutur dia, menunjukkan bahwa tekanan gas dari pada tanah baru tinggi.

menurut dia, keuntungan ini serta terlihat daripada hembusan asap kawah timbang yang tegak ke atas.

selain itu, tutur dia, konsentrasi co2 dalam tanah di sekitar kawah timbang dan masih tinggi.

warga desa sumberejo mengharapkan status kawah timbang segera dievaluasi, makanya mereka dapat kembali beraktivitas dalam ladang secara normal.

warga terlebih dan punya ladang selama radius bahaya daripada kawah timbang amat merasakan efeknya sebab mereka telah Satu bulan tak beraktivitas. apalagi ketika ini sudah ada tanaman kentang yang rusak akibat terkena asap dari kawah timbang, papar kepala desa sumberejo ibrahim.

hingga ketika ini, papar dia, luas tanaman kentang dan rusak ataupun puso mencapai 30 hektare, sementara dan terancam puso sekitar 95 hektare

oleh karena itu, lanjutnya, ada petani yang tanaman kentangnya belum mengalami kerusakan tetap nekat memasuki radius 1.000 meter daripada kawah timbang guna merawat tanamannya supaya tidak sampai puso.

menurut dia, hal tersebut dilaksanakan sebagian petani karena gas berbahaya tak ada lagi dalam udara makanya mereka berani ke ladang.

kalau gas co2 pada dalam tanah, dari dulu memang sudah ada terutama dalam kurang lebih kali sat karena rumput tidak mau tumbuh dalam sana. masyarakat melalui kearifan lokal yang mereka sediakan, sudah mengetahui daerah mana saja dan banyak gas beracunnya sekalipun aktivitas kawah timbang tak meningkat, rumput tak akan tumbuh di daerah itu, kata dia dan serta petani kentang.

dengan itulah, kata dia, warga tak akan menggali tanah selama daerah yang diketahui ada kandungan gas berbahaya.

pvmbg selama senin (11/3), pukul 21.30 wib, meningkatkan status kawah timbang daripada normal merupakan jangan sembarangan dan merekomendasikan supaya tidak ada aktivitas penduduk di radius 500 meter daripada kawah.

selanjutnya, pvmbg di rabu (27/3), pukul 23.30 wib, meningkatkan status kawah timbang daripada waspada adalah siaga serta merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat pada radius 1.000 meter dari kawah.