Kemkumham beri insentif pengurusan HKI

direktorat jenderal hak kekayaan intelektual kementerian hukum serta hak asasi manusia (ham) memberikan insentif kepada warga dan akan mengurus pengakuan hak atas kekayaan intelektualnya.

pemberian insentif itu khususnya kepada siswa, mahasiswa, akademisi, pelaku upaya-upaya mikro, kecil, menengah, dan pengusaha pada daerah istimewa yogyakarta (diy), tutur direktur jam ditjen hak kekayaan intelektual (hki) kementerian hukum dan ham faturachman di yogyakarta, jumat.

pada peringatan hari hak kekayaan intelektual se-dunia tingkat diy, ia menyampaikan insentif yang diberikan berupa permohonan produk, hak cipta, dan paten. pada 2013, pihaknya telah mengalokasikan dana sebesar rp600 juta.

hal itu dilakukan sebab diy amat kaya potensi baik pada jenis pertanian, perkebunan, umkm maupun kreativitas yang lain dan telah digemari dengan dunia, katanya.

Informasi Lainnya:

wakil gubernur diy paku alam ix menungkapkan, peringatan hari hki bermanfaat karena bisa merupakan wahana mengembangkan kesadaran tentang arti berguna hki bagi masyarakat diy.

hak tersebut bermanfaat agar menyerahkan perlindungan kepada pengusaha serta pilihan bermerek. di ini ada pilihan dipalsukan, bahkan dipatenkan pihak lain sebab tak kenal mekanisme juga agama dan sudah diberlakukan, katanya.

menurut dia, lahirnya peraturan yang ada kaitan dengan hki berdampak dalam sikap penghargaan, penghormatan, serta perlindungan yang tidak cuma menyerahkan rasa alami, tetapi dan menciptakan cuaca yang kondusif.

hal itu, tutur dia, berguna bagi peningkatan semangat ataupun gairah untuk menghasilkan karya-karya inovatif serta produktif khususnya bagi para pelaku umkm dan ada terdapat di diy.

dengan perlindungan pada hki tersebut pelaku umkm dan mempunyai karya intelektual mampu membeli kepastian hukum makanya pemegang hak akan memperoleh perlindungan hukum dan melakukan upaya hukum dengan lebih kuat, katanya.

kepala kanwil kemkum dan ham diy rusdianto menyatakan, diy adalah salah Satu daerah pada indonesia yang masyarakatnya potensial dan memiliki kreativitas dan inovasi tinggi.

mereka dapat menciptakan karya juga karsa dan menasional malahan menginternasional semisal kreativitas di memproduksi kata-kata yang melekat pada desain kaus, kerajinan, kuliner, film animasi, dan perangkat lunak, ujarnya.