Mutu raskin memprihatinkan

kementerian sosial mendapatkan selama sejumlah info kualitas beras untuk warga miskin (raskin) memang di bawah standar yangg ditentukan yakni beras kualitas medium.

saya memang menyaksikan di pilihan daerah banyak ditemukan beras-beras tersebut. ada yang saya cek sendiri berasnya dimakan kutu serta menirnya ada yang pecah tutur direktur jenderal pemberdayaan sosial serta penanggulangan kemiskinan kementerian sosial hartono laras pada jakarta, sabtu.

hartono menjelaskan, temuan tersebut timbulkan karena beras itu disimpan terlalu lama pada gudang. beras dibeli bulog dari petani serta untuk stok dan rata-rata disimpan sampai sembilan bulan.

karena sistemnya mesti stok juga bulog memprioritaskan membeli beras di negeri, demikian yang mengakibatkan kenapa beras itu merupakan menurun mutunya, ujarnya.

Informasi Lainnya:

jika properti tangga sasaran melayani beras dan tidak pantas, dengan begini mereka bisa menukarkan beras tersebut pada waktu 2x24 merek ke bulog.

kemensos untuk kuasa pemegang anggaran mau mengerjakan verifikasi, intinya bulog mesti mengganti, tak mungkin menolak karena kami mensyaratkan kami akan meminta subsidi beras ini jika sesuai dengan indikatornya, ujar dia.

kemensos menjadi kpa web raskin 2013 dengan target sasaran 15,5 juta properti tangga sasaran penerima faedah yang berhak mencari 15 kg raskin semua bulan di 12 bulan.

rumah tangga sasaran cuma menebus seharga rp1.600 per kg sedangkan subsidi pembelian beras daripada pemerintah rp6.151 makanya total anggaran subsidi mencapai lebih daripada rp17,19 triliun.

sementara beras dan dibagikan berkualitas medium dengan ajaran kadar air tidak lebih 14 persen juga tidak bisa lebih daripada 20 persen yang patah serta derajat kebersihan mesti 90 persen.

dari pelaksanaan situs raskin yang sudah berjalan sejak januari 2013, baru ditemukan raskin melalui nilai rendah, berkutu serta berbau apak yang disalurkan dalam masyarakat.