Inggris punya bukti penggunaan senjata kimia di Suriah

inggris memiliki bukti sedikit tapi persuasif tenntang penggunaan senjata kimia pada suriah, termasuk gas sarin, kata kementerian luar negeri inggris.

kami mempunyai info dan sempit tapi persuasif dari seluruh sumber yang menunjukkan penggunaan senjata bahan kimia pada suriah, termasuk gas sarin, papar juru bicara kantor kementerian luar negeri, kamis, menyusul komentar serupa oleh pejabat amerika serikat.

ini sangat memprihatinkan. penggunaan senjata kimia adalah kejahatan perang, ujarnya seperti dikutip afp.

kami sudah diberitahu dengan sekutu, mitra serta pbb mengenai info ini juga kami bekerja dengan aktif supaya mencari Informasi lebih lanjut serta lebih menarik, katanya.

Informasi Lainnya:

laporan awal bulan ini menyebutkan kaum ilmuwan militer inggris sudah mempelajari sampel tanah yang dibawa kembali dari daerah dan tidak jauh dengan damaskus serta menemukan hasil pengujian menunjukkan sampel itu positif ada kandungan senjata kimia, walaupun pemerintah belum mengkonfirmasi hal tersebut.

pengumuman dari inggris itu ditampilkan tidak lama setelah gedung putih menyampaikan suriah kemungkinan membeli senjata kimia kepada pasukan pemberontak selama skala kecil, tapi menekankan apabila agen mata-mata amerika serikat masih belum 100 persen yakin.

washington sudah berulang kali menyatakan penggunaan senjata kimia dengan rejim presiden suriah bashar al-assad mau dinilai dijadikan sebuah penampilan yang melintasi garis merah serta memicu kemungkinan aksi militer.

inggris mengatakan suriah harus mengizinkan pengamat internasional.

bashar mesti berusaha sama melalui warga internasional dan membuktikan kiranya rezimnya tak sudah mengerjakan kejahatan dan mengerikan ini, yang memungkinkan akses tak sedikit untuk

pbb juga opcw (organisasi supaya pelarangan senjata kimia) guna melakukan penyelidikan dalam lapangan di suriah, papar juru bicara kementerian luar negeri.